Perangkat Keras (Hardware)




Perangkat keras komputer terdiri atas perangkat masukan (input device), perangkat proses (process device), perangkat keluaran (output device), dan perangkat penyimpanan data.



A. Perangkat Masukan (Input Device)

  1. Keyboard
    Keyboard komputer sangat mirip dengan letak huruf di mesin tik standar dengan beberapa tombol tambahan. Tata letak karakter QWERTY dasar dipertahankan dengan tujuan memudahkannya untuk menggunakan sistem.

  2. Mouse


    Mouse  termasuk salah satu perangkat masukan yang bentuknya terlihat seperti tikus. Mouse berfungsi mengontrol pergerakan kursor pada layar tampilan. Pada saat kita menggerakkan mouse, penunjuk kursor pada layar tampilan akan bergerak ke arah yang sama.

  3. Trackball


    Trackball memiliki fungsi yang sama dengan mouse, yaitu untuk memilih perintah-perintah dari menu tampilan grafis. Bedanya, untuk menggerakkan pointer mouse di layar diperlukan pergeseran mouse, sementara pada trackball dilakukan dengan menggulirkan bola trackball dengan jari ke arah yang dikehendaki.

  4. Touchpad/Trackpad


    Touchpad juga biasa disebut trackpad adalah perangkat penunjuk (pointer) yang terdiri atas permukaan khusus yang dapat menerjemahkan gerakan posisi jari pengguna ke posisi kursor di layar. Touchpad merupakan fitur umum dari laptop dan juga digunakan sebagai pengganti mouse.

  5. Touchscreen


    Touchscreen memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan atau membuat pilihan hanya dengan menyentuh layar tampilan. Tampilan layar peka terhadap sentuhan jari atau pena stylus. Touchscreen banyak digunakan pada layar handphone, mesin ATM, sistem navigasi mobil, monitor medis, terminal penjualan point-of-sale dan panel kontrol industri.

  6. Light Pen


    Light pen adalah perangkat masukan berbentuk pena yang menggunakan detektor peka cahaya untuk memilih objek pada layar tampilan.

  7. Magnetic Ink Character Recognition (MICR)


    Magnetic Ink Character Recognition (MICR) digunakan untuk mendeteksi tulisan pada kertas khusus yang ditulis dengan menggunakan tinta magnet. Alat ini dibuat dengan maksud sebagai pengamanan atas surat atau dokumen berharga agar dokumen tersebut sukar untuk dipalsukan.

  8. Optical Marc Recognition (OMR)


    Optical Marc Recognition (OMR) juga disebut mark sense reader adalah teknologi dimana perangkat OMR mendeteksi ada tidaknya tanda, seperti tanda pensil. OMR banyak digunakan saat tes, seperti tes bakat.

  9. Barcode Reader


    Barcode reader adalah pemindai fotoelektrik yang membaca kode batang atau tanda strip zebra yang dicetak pada kemasan produk. Perangkat ini umumnya digunakan di supermarket dan toko buku.

  10. Mikrofon


    Mikrofon digunakan untuk memasukkan data berupa data suara.

  11. Scanner


    Scanner adalah perangkat masukan yang dapat membaca teks atau ilustrasi yang dicetak di atas kertas dan menerjemahkan informasi ke dalam bentuk yang dapat digunakan komputer, biasanya berbentuk gambar/teks.

B. Perangkat Proses (Process Device)

Perangkat proses biasa dikenal dengan central processing unit (CPU), CPU dapat dikatakan sebagai bagian terpenting dari komputer karena merupakan otak dari komputer.

CPU terdiri atas tiga bagian utama, yaitu sebagai berikut

  1. Unit Kontrol (Control Unit/CU)

  2. Unit Logika Aritmetika (Arithmetic Logic Unit/ALU)

  3. Unit Penyimpanan Utama (Primary Storage Unit/Main Memory)

C. Perangkat Keluaran (Output Device)

Perangkat keluaran dibagi beberapa jenis, yaitu:

  1. Hardcopy device, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak keluaran berupa tulisan, angka, karakter, simbol-simbol, dan gambar pada media keras, seperti kertas dan film. Contoh hardcopy device adalah printer dan plotter.
  • Printer

  • Plotter


  1. Softcopy device, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan keluaran berupa tulisan, angka, karakter, simbol-simbol, gambar dan suara ke dalam sinyal elektronik. Contoh softcopy device adalah monitor, alphanumeric display, proyektor dan speaker
  • Monitor

  • Alphanumeric display

  • Proyektor

  • Speaker

D. Perangkat Penyimpanan Data

  1. Hard Drive


  2. Optical Disk


  3. Flash Disk




  4. Kartu Memori (Flash Memory Card)



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama